Pemberian Vaksin Covid-19 Bakal Dimulai Akhir Tahun 2020

MAKASSAR, KILOMETER40.COM– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyebutkan pemberian vaksin virus Covid-19 bagi masyarakat rencananya dilakukan pada akhir Desember 2020.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari berdasarkan Rapat Koordinasi Rencana Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang digelar bersama Kepala Sekretariat Kepresidenan, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama seluruh kepala daerah provinsi secara virtual pada Jumat, 27 November 2020.

“Sudah ada pertemuan tapi masih (membahas) secara umum, terutama bahwa direncanakan pemberian vaksin di Akhir Desember 2020,” terang Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan.

Ichsan mengurai, terdapat beberapa tahap yang harus dilaksanakan sebelum pemberian vaksin kepada masyarakat dilakukan. Di antaranya, menunggu Use Emergency Authorized dari BPOM, penyedian cold storage untuk vaksin dalam jumlah besar, hingga menetapkan jumlah vaksin yang diberikan bagi setiap daerah melalui jalur subsidi maupun jalur mandiri.

“Harus ada Use Emergency Authorized dari BPOM untuk menjamin keamanan vaksin, juga mengenai skema pemberian vaksin perlu dipersiapkan dengan matang, karena menurut para Menteri ada dua kemungkinan model yang digunakan yakni skema pemerintah dan skema mandiri,” jelas Ichsan.

Sementara untuk fasilitas penyimpanan vaksin, Ichsan menyebutkan, saat ini Sulsel baru memiliki satu buah cold room yang dapat digunakan.
“Kita masih butuh satu cold room,” jelasnya.

Prioritas pemberian vaksin berdasarkan peraturan yang ditetapkan adalah bagi tenaga kesehatan, pelayan publik, dan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS.(*)

Leave a Reply