Perkuat SDM Kebencanaan, BPBD Takalar Gelar Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana

TAKALAR, KILOMETER40.COM– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Takalar menggelar Pelatihan dan Pencegahan Mitigasi Bencana di Saung Beba Galesong Utara, Kamis 8 September 2023.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh relawan kebencanaan dibuka oleh Sekretaris Daerah kabupaten Takalar, H Muhammad Hasbi didampingi Kepala BPBD Takalar, Nurikhsan Nurdin.

Dalam arahannya, Sekda menekankan pentingnya kesiap siagaan personil menghadapi kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana.

“Kesiapsiagaan dan Mitigasi itu bersifat permanen, sehingga harus dilakukan secara berkesinambungan. Tak kalah penting adalah kesiap siagaan kita semua.”kata Hasbi.

Kepala BPBD Kabupaten Takalar, Nurikhsan Nurdin mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan dalam upaya pencegahan dan mitigasi.

“Selain kapasitas skill dalam kebencanaan, tidak kalah penting juga kapasitas kesiapsiagaan relawan dalam Penanggulangan Bencana yang kita pupuk lagi dalam kegiatan pelatihan ini.”katanya.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Hj Sri Ummiaty menjelaskan bahwa kegiatan ini tak hanya dilaksanakan secara formal berupa pemberian materi.

“Tak hanya materi secara teoritis, tapi juga ada praktek langsung di lapangan. Sehingga pelatihan ini diharapkan efektif dapat dipahami secara praktis oleh para relawan.”tuturnya.(*)

Leave a Reply