560 Bacaleg Berebut 35 Kursi, 1 Parpol Tidak Ajukan Caleg di Takalar

TAKALAR, KILOMETER40.COM- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Takalar telah resmi menutup tahapan pengajuan Bakal Caleg dari Partai Politik malam tadi, Minggu 14 Mei 2023 pukul 23.59 Wita.

Hasilnya, berdasarkan pantauan media ini, ada 560 bakal caleg yang didaftarkan oleh 16 Partai Politik yang ada di Takalar. 560 Bacaleg ini akan berjuang untuk lolos di DPRD Takalar yang beranggotakan 35 legislator.

Dari 18 parpol yang terdaftar di Takalar, ada dua parpol yang calegnya belum terdaftar di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU.

Ketua KPU Takalar, Muhammad Darwis yang dikonfirmasi membenarkan bahwa hanya ada 16 parpol yang mengajukan bacaleg sampai pendaftaran ditutup.

“Dua parpol yang tidak menerima tanda terima pengajuan bacaleg, yakni Partai Garuda dan PKN.”ungkap Darwis, Senin 15 Mei 2023 pagi.

Ia menjelaskan bahwa sampai pengajuan bakal caleg berakhir, Silon Partai Garuda tidak sampai 100℅. Yang kedua partai PKN yang memang tidak datang mengajukan bacalegnya.

“Partai Garuda sampai batas akhir pengajuan, Silonnya belum 100%. Ternyata setelah kami kordinasi, se Sulsel, partai ini mengalami hal yang sama. Kami menunggu petunjuk dari KPU RI. Untuk PKN, memang tidak datang mengajukan Bacaleg.”jelasnya.

Untuk diketahui, setelah tahapan pengajuan Bacaleg ini, akan dilakukan pada tanggal 15 Mei sampai 23 Juni 2023, yaitu pengecekan persyaratan Bacaleg yang diajukan oleh parpoln masing-masing.(*)

Leave a Reply