Mudahkan Layanan Perizinan, Dinas PMPTSP Takalar Mulai Latih Operator ‘Gerai Perizinan Desa’

TAKALAR, KILOMETER40.COM– Pemerintah Kabupaten Takalar terus berupaya memudahkan layanan perizinan khususnya masyarakat di desa.

Sebagai langkah ril, Pemkab Takalar melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) menggelar Bimbingan Teknis Perizinan Berbasis Risiko di Kantor DPMPTSP, Sabtu 4 Februari 2023.

Kepala Bidang Pelayanan dan Non Pelayanan Dinas PMPTSP, Hasnaeni menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan inovasi dinas dalam rangka mendekatkan layanan perizinan bagi masyarakat di desa, khususnya pelaku Usaha Menengah, Mikro dan Kecil (UMKM).

“Pemkab ingin memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya UMKM dalam mengurus legalitas usaha. Ke depan, pelaku usaha di Desa, bisa mengurus peeizinan usaha di Kantor Desa masing-masing.”katanya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya menargetkan semua desa, kelurahan dankecamatan sdh ada gerai layanan perizinannya utk UMKM pada tahun ini.

“Untuk bimtek angkatan pertama ini diikuti sebanyak 22 operator Desa/Kelurahan dan 3 kecamatan. Kita atur per angkatan agar lebih efektif.”kata Hasnaeni lagi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PMPTSP, Andi Rijal Mustamin menegaskan bahwa dirinya berkomitmen untuk terus berupaya memberikan kemudahan layanan perizinan.

“Sesuai arahan bapak Pejabat Bupati, masyarakat harus diberikan kemudahan dalam mengurus perizinan, khususnya izin usaha bagi UMKM. Jadi kita pakai pola desentralistik dengan memperluas layanan melalui Gerai Perizinan di desa/kelurahan dan kecamatan.”kata Andi Rijal Mustamin.(*)

Leave a Reply