Begini Bawaslu Takalar Menyikapi Maraknya ASN Silaturahmi Bareng Politisi

TAKALAR, KILOMETER40.COM- Pasca berakhirnya masa jabatan Syamsari Kitta selaku Bupati dan Achmad Se’re selaku Wakil Bupati Takalar, sejumlah politisi yang aktif bersosialisasi sebagai bakal calon Bupati mulai menggeliat.

Dalam dua hari terakhir, beredar video dan foto silaturahmi para politisi bersama ASN Pemkab Takalar. Sabtu, 24 Desember 2022 kemarin misalnya, beredar video silaturahmi Firdaus Daeng Manye bersama belasan pejabat eselon III pemkab Takalar di sebuah rumah makan di wilayah Galesong.

Tak hanya itu, politisi PKB Hengky Yasin juga bersilaturahmi dengan beberapa ASN. Kedua nama tersebut diketahui aktif bersosialisasi sebagai Bakal Calon Bupati Takalar.

Menanggapinya, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Takalar, Ibrahim Salim menyatakan akan segera mengambil langkah.

“Kita sepakati dulu dasar berpikirnya. ASN harus netral dari kepentingan politik apapun. Jelas regulasinya. Kami segera mengagendakan audiensi dengan Penjabat Bupati Takalar.”kata Ibrahim ketika dihubungi, Minggu 25 Desember 2022.

Ibrahim Salim menambahkan bahwa salah satu fokus utama pengawasan pemilu adalah pada aspek pencegahan.

“Kita fokus pada pencegahannya. Jadi bukan soal masuknya tahapan pilkada atau belum. Kan pada umumnya ASN berkilah bahwa ini belum ada calon. Betul. Lalu bagaimana jika mereka akhirnya jadi calon?. Itu yang kita mau cegah keberpihakan ASN itu. Ini demi keselamatan status ASN mereka di masa mendatang.”paparnya.

Diketahui, Takalar saat ini dipimpin oleh Setiawan Aswad selaku Penjabat Bupati. Setiawan sebelumnya menjabat Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel.(*)

Leave a Reply