Dari Takalar, Menteri Pertanian Lepas Ekspor Porang 110 Ton ke China

TAKALAR, KILOMETER40.COM- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melepas ekspor perdana chip porang ke China Sabtu, 9 Juli 2022. China telah kembali membuka pintu ekspor ke negerinya setelah dua tahun ditutup

Adapun porang yang diekspor sebanyak 110 ton Berasal dari pabrik porang PT. Insan Agro Sejahtera di Dusun Panjojo, Desa Lassang Barat, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar. Nilai ekspor tersebut sebesar Rp 4 miliar.

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah agar kehidupan petani menjadi lebih baik dari tahun ke tahun, khususnya petani porang. Memang China telah menutup impor porang dari Indonesia kurang lebih 2 tahun dan hari ini diawali di Takalar secara nasional kita mengirim porang ke China,” ujar Mentan.
Mantan Gubernul Sulsel dua periode ini menjelaskan keberhasilan Indonesia khususnya Kementerian Pertanian membuka kembali ekspor porang ini atas perjuangan keras. China menetapkan protokol persyaratan teknis yakni harus teregistrasi.
“Ini menjadi aturan-aturan supaya ekspor porang ke China bisa diterima lagi. Alhamdulillah hari ini kita telah penuhi sehingga adanya pergerakan ekspor porang ke China kita berharap harganya berangsur naik,” ucapnya.

Kementan juga sedang mengupayakan menjalin kerja sama dengan negara lainnya agar tujuan ekspor semakin luas. Selanjutnya, Kementan melakukan upaya diversifikasi produk porang untuk meningkatkan nilai tambah yang diterima petani.

“Porang ini tidak hanya untuk beras porang sebagai makanan sehat yang zero gula. Tapi juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan obat-obatan dalam dunia farmasi. Oleh karena itu, saya harapkan produk porang ini tidak sebatas bentuk chip, tapi hingga produk olahan seperti tepung dan mie porang. Ini yang harus kita capai,” tuturnya.

Ketua Umum Persatuan Eksportir dan Pengusaha Perkebunan Porang Indonesia (PEPKI)
yang juga Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif turut mendampingi Mentan SYL mengatakan bahwa ini terobosan menteri pertanian mendorong komoditi porang di indonesia Utk memenuhi kebutuhan luar negeri.
“Pak Mentan SYL terus mendorong agar produksinya semakin meningkat, dan bisa jadi komoditi andalan seperti komoditi lainnya yang sudah,” urai Syaharuddin Alrif.

Pelepasan ekspor porang ini turut dihadiri Wakil Bupati Takalar H Achmad Se’re, Sekda Takalar H Muhammad Hasbi dan para tokoh masyarakat Takalar.(*)

Leave a Reply