Takalar Raih Peringkat Tiga Nasional Kategori Tercepat dalam Penetapan Batas Desa

JAKARTA, KILOMETER40.COM- Kabupaten Takalar kembali ‘unjuk gigi’ di forum nasional. Kali ini datang dari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa atas kinerja mereka dalam penetapan dan penegasan batas desa dalam wilayah kabupaten Takalar.

Prestasi itu diumumkan Dalam forum Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Dalam Negeri yang membahas percepatan penyelesaian penegasan batas Desa se-Indonesia, Rabu 29 Juni 2022 di Jakarta.

Dalam evaluasi Kemendagri terkait pemerintah kabupaten yang serius dan melakukan percepatan penegasan batas Desa hanya ada 7 Kabupaten secara keseluruhan di Indonesia yang telah menyelesaikan.

Kabupaten Takalar merupakan salah satu Kabupaten di dalamnya dan atas hal tersebut, kemendagri memberikan peringkat ketiga secara Nasional sebagai Daerah yg telah menetapkan batas Desa dan menuangkannya dalam peraturan bupati.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Takalar telah melaksanakan penegasan 76 batas Desa di kabupaten Takalar sejak Tahun 2020 melalui peraturan bupati No 10 Tahun 2020 tentang penetapan dan penegasan batas Desa dan Kelurahan Kab. Takalar

Bupati Takalar, Syamsari Kitta hadir langsung menerima award dari Kemendagri.

“Inilah wujud komitmen pemerintah Takalar terkait tertib administrasi wilayah. Penyelesaian tapal batas Desa merupakan kesadaran tentang pentingnya batas administrasi Desa dalam menjalankan pemerintahan di Desa. Dan ucapan terima kasih kepada seluruh pemerintah Desa se kabupaten Takalar atas komitmenya terhadap penyelesaian batas batas tersebut.”ujar Syamsari.

Politisi Partai Gelora itu menambahkan bahwa dirinya meyakini prosesnya tidak semudah yang dipikirkan.

dr. Nilal Fauziah M.Kes, Kadis Sosial PMD Takalar menyampaikan rasa syukur atas pemberian penghargaan kemendagri ini, bahwa Takalar di antara Desa Seluruh indonesia masuk peringkat ke 3 ssbagai kabupaten tercepat.

“Ini pertanda bahwa Takalar di mata pemerintah Pusat merupakan kabupateb yang tertib administrasi wilayah.”terang Nilal.(*)

Leave a Reply