Pemerintah Pusat Cairkan Gaji ke-13 pada 1 Juli 2022. Bagaimana Takalar?

TAKALAR, KILOMETER40.COM– Gaji ke-13┬áPNS segera cair dalam waktu dekat. Kementerian Keuangan menyatakan gaji ke-13 PNS bakal cair pada 1 Juli 2022.
“Pembayaran gaji ke-13 akan dilakukan mulai tanggal 1 Juli,” ungkap Direktur Pelaksanaan Anggaran Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Tri Budhianto, kepada detikcom beberapa waktu lalu.
Tri mengatakan proses pencairan gaji ke-13 sudah bisa dilakukan mulai 23 Juni oleh satuan kerja kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Di 23 Juni proses rekonsiliasi alias pencocokan data gaji dilakukan, dan tanggal 24 Juni pengajuan surat permintaan (SPM) gaji ke-13 sudah dapat dilakukan.

Lantas bagaimana kesiapan Pemkab Takalar mencairkan gaji ke-13?

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Takalar, Dahlan Djalamang menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan proses pencairan gaji 13.

“Edaran pemerintah pusat telah kami terima. Yang kita tunggu selanjutnya adalah petunjuk teknis pencairannya.”kata Dahlan, Jumat 24 Juni 2022.

Meski demikian, pemkab kata Dahlan akan berupaya mencairkan pada 1 Juli 2022 sesuai rencana pemerintah.

“Pada prinsipnya, kami tetap berupaya untuk mencairkan juga pada 1 Juli 2022.”katanya.

Untuk diketahui, pemberian Gaji ke-13 dilakukan menjelang tahun ajaran baru sekolah. Hal ini bertujuan untuk membantu kebutuhan pendidikan bagi putra/putri dari ASN, seperti seragam sekolah dan sebagainya.(*)

Leave a Reply