MUI Sulsel Siapkan Fatwa Sikapi Uang Panai’ Setinggi Langit

KILOMETER40.COM– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menerbitkan fatwa terkait uang panai. Draf fatwa uang panai tersebut sementara dibahas.
“Dengan pertimbangan dalil nantinya kita harapkan terjadi kemudahan dan kemaslahatan bersama di masyarakat terutama tentang uang panai,” kata Ketua Bidang Fatwa MUI Sulsel Dr KH Ruslan Wahab dalam keterangan resminya, Rabu (8/6/2022).
Ruslan mengatakan pembahasan terkait fatwa uang panai akan dibahas oleh MUI Sulsel secara rinci. Salah satunya melalui focus group discussion (FGD) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Intinya kita berupaya untuk menciptakan kemudahan dan kemaslahatan di masyarakat,” lanjut Ruslan.
Dia mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mempersulit sebuah pernikahan dengan nilai uang panai yang tinggi. Sebab, dalam Islam pernikahan seharusnya dimudahkan.

Hanya adat-lah yang menginginkan seperti itu (nilai uang panai),” imbuhnya.
Di sisi lain, Ruslan turut mengomentari berita seorang pria di Kabupaten Maros, Sulsel nekat mencuri diduga demi uang panai, Senin (6/6) lalu. Pria tersebut sudah diamankan di Polda Sulsel.

“Tingginya uang panai dan keinginan menikah yang kuat menyebabkan lelaki tersebut mencuri. Ini sangat disayangkan,” ujarnya.

Mahar dan uang panai berbeda. Uang panai merupakan tradisi Bugis-Makassar sebagai uang belanja untuk semua kebutuhan resepsi pernikahan, sedangkan mahar uang atau barang yang dipegang oleh istri dan menjadi hak mutlak bagi dirinya.(*)

Leave a Reply