PKS dan Golkar Mulai Rekrut Bacaleg Pemilu 2024 di Takalar

TAKALAR, KILOMETER40.COM– Meski masih terbilang jauh, namun beberapa partai politik di Takalar mulai melakukan perekrutan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Yang menonjol adalah perekrutan bacaleg dari dua parpol papan atas, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Memang, dua partai ini menunjukkan trend positif dalam berbagai survei yang dilakukan beberapa lembaga survei.

Ketua DPD PKS Takalar, Rahman Syarif menerangkan bahwa pihaknya telah rampung melakukan perekrutan bacaleg untuk kabupaten Takalar.
PKS, kata Rahman, saat ini menggunakan format daerah pemilihan (dapil) pada pemilu 2019 lalu.

“Kami masih dengan format dapil lama karena belum ada format baru dari KPU. Tapi kalaupun ada format baru dari KPU, kami sudah persiapkan.”kata Rahman melalui aplikasi WhatsApp, Kamis 24 Februari 2024.

Terpisah, Partai Golkar juga membenarkan telah merekrut Bacaleg, tapi dengan format baku sesuai petunjuk DPP Partai Golkar.

“Sesuai Pedoman Organisasi (PO), kami rekrut 200% dari alokasi kursi per wilayah.”terang Ziaurrahman, sekretaris DPD Partai Golkar Takalar.

Mantan komisioner KPU Sulsel itu mencontohkan jika kecamatan Polongbangkeng Utara alokasinya 6 kursi, Pimcam dapat mengusulkan 12 orang dengan ketentuan mempertimbangkan ketokohan, perempuan minimal 30 % dan keterwakilan kaum milenial.

“Saat ini, semua Pimcam sdh menyerahkan nama2 calon fungsionaris/bakal caleg. Kemudian akan disinkronkan di DPD oleh Tim Sinkronisasi. Proses selanjutnya akan diperas dari 200% ke 150% dan terakhir ke 100% dengan menyesuaikan format dapil yang resmi dari KPU.”pungkasnya.

Sementara beberapa partai yang dikonfirmasi redaksi Kilometer40.com memilih bungkam.(*)

Leave a Reply