Selangkah Lagi, Takalar Bakal Punya 11 Desa Baru

TAKALAR, KILOMETER40.COM- Program penataan Desa atau pemekaran Desa yang menjadi program prioritas Bupati Takalar Syamsari kini sudah berada pada tahap akhir yakni proses penerbitan Kode Desa oleh Kementerian Dalam Negeri.

Program penataan desa di kabupaten Takalar telah bergulir sejak 2020. Setelah dilakukan proses verifikasi dokumen kelayakan oleh Pemerintah propinsi Sulsel maka 11 Desa dianggap layak dan diajukan ke kementerian dalam negeri untuk perolehan Kode Desa.

Sebagai bentuk kongkret, Tim penataan Pemprov Sulsel telah mengantarkan Surat permohonan Kode Desa ke kementerian Dalam Negeri dan didampingi oleh Ketua DPRD Takalar, Ketua Komisi 1 Dprd Takalar, Asisten Pemerintahan Setda Takalar dan PLT kadis Dinas Sosial PMD Takalar, Kamis 3 Februari 2022.

Surat tersebut diterima langsung oleh Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Yusharto Hontoyugo.
Dalam sambutannya, Yusharto mengatakan bahwa pihaknya akan menindak lanjuti sesui ketentuan yang berlaku.

“Secepatnya akan kami tindak lanjuti. Semoga dalam waktu tidak terlalu lama akan keluar hasilnya.”kata Yusharto.

Sekda Takalar, H Muhammad Hasbi yang dikonfirmasi menyambut gembira perkembangan positif dari tim kerja dari Dinas Sosial dan PMD Takalar.

“Penataan desa dalam format pembentukan maupun pemekaran merupakan program prioritas Bupati. Dan itu merupakan amanah dari RPJMD kabupaten Takalar 2017-2022 yang sudah menjadi Perda.”terang Sekda.

“Bapak Bupati selalu menekankan pentingnya pembangunan berbasis di desa. Membangun peradaban di desa dengan tetap melestarikan kebudayaan lokal di desa,”tambah Hasbi.

Adapun 11 desa persiapan itu meliputi Tarang Towayya (Polut); Kale Lantang (Polsel), Kanaeng (Galesong Selatan); Biring Kassi, Maccini Sombala, Sawakong Beba dan Kaballokang Pakkabba (Galesong Utara); Galesong Timur, Tarembang dan Kampung Beru (Galesong) dan Minasa Baji (Kepulauan Tanakeke).

Sebagai informasi, saat ini Takalar memiliki 76 Desa Defenitif.(*)

Leave a Reply