Perkenalkan Bensa. BBM Masa Depan Indonesia dari Kelapa Sawit

KILOMETER40.COM– Namanya bensin sawit atau bensa. Bahan bakar minyak (BBM) baru yang kini dikembangkan tim riset Pusat Rekayasa Katalisis, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Pura Group┬áKudus.

Pemerintah bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) sedang melakukan uji coba pembuatan bensin menggunakan Bensa.

Bensa dinilai memiliki kualitas tinggi dan produksinya direncanakan berkapasitas 238,5 kilo liter (kl) per hari yang akan dibangun di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dan Kabupaten Pelalawan, Riau.

“Dari skala pilot plantnya yang ada sekarang ini 1.000 liter umpan per hari, itu sudah bisa dihasilkan juga bahan bakar Bensa yang pada saat katalisnya masih segar bisa menghasilkan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 115, bahan bakar yang berkualitas tinggi,” ujar Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengutip situs resminya, Rabu (26/1).

Ia menyebut produk Bensa terbukti menghasilkan energi berkualitas tinggi dan sesuai dengan tuntutan jaman, di mana masyarakat dunia lebih peduli penggunaan energi ramah lingkungan.

“Untuk itu langkah ini sudah tepat, tinggal bagaimana kita melaksanakannya agar proyek ini memiliki nilai komersial yang kompetitif,” kata Arifin.

Dikatakan Arifin, Bensa merupakan salah satu jenis bahan bakar nabati (BBN) yang perlu terus didorong pengembangannya oleh pemerintah untuk mencapai kemandirian energi dengan mengurangi impor, baik Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun LPG.

Bahan bakar tersebut pun telah diujicobakan ke kendaraan roda dua maupun roda empat. Hasilnya, tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. Motor dan mobil yang diisikan bensa pun berjalan dengan lancar.(*)

Leave a Reply