Kemendagri Rekomendasikan Tahapan Pilkades Serentak Takalar Tetap Dilanjutkan

TAKALAR, KILOMETER40.COM- Meski terjadi protes dari berbagai kalangan seputar pelaksanaan Pilkades Serentak di Takalar, namun pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memberikan penilaian.

Melalui surat bernomor 141/5204/BPD tanggal 8 Nopember 2021, Kemendagri menyatakan bahwa Pemkab Takalar telah memenuhi regulasi yang diatur pemerintah dalam pelaksanaan Pilkades.

“Pemerintah Kabupaten Takalar telah mengisi dan memenuhi seluruh aspek yang tercantum dalam Instrumen Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa”,demikian bunyi surat yang diperoleh kilometer40.com, Selasa 9 Nopember 2021.

Selain itu, Kemendagri meminta Pemkab untuk memperhatikan penyesuaian jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) per Tempat Pemungutan Suara (TPS) paling banyak 500 DPT sebagaimana Surat
Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 141/6698/SJ tanggal 10 Desember 2020 tentang Jumlah Pemilih di Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Era Pandemi Covid-19.

“Berkenaan dengan hal tersebut, kami rekomendasikan kepada Saudara untuk melanjutkan tahapan pemilihan kepala desa serentak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.”bunyi poin terakhir surat yang ditujukan kepada Bupati Takalar.

Sekda Takalar, H Muhammad Hasbi yang dikonfirmasi membenarkan bahwa Kemendagri telah memberikan rekomendasi perihal dinamika pelaksanaan Pilkades di Takalar.

“Dengan rekomendasi tersebut, maka Pilkades serentak 2021 semakin kita maksimalkan pelaksanaannya. Khususnya beberapa hari tersisa menuju pencoblosan pada 17 Nopember 2021 mendatang.”kunci Hasbi.(*)

Leave a Reply