Punya Enam Ijasah Sekolah, Mantan Drummer itu Kini Jabat Sekda Takalar

TAKALAR, KILOMETER40.COM- Usianya 40 tahun saat ini. Mulai matang. Di usianya kini, H Muhammad Hasbi S.STP., M.AP. Daeng Bantang, pria kelahiran Takalar 12 Januari 1981 dipercaya oleh Bupati Takalar menjabat Sekda. Posisi yang jarang dicapai oleh para birokrat di usia 40 tahun.

Pengalaman birokrasi yang dijalaninya, membuat banyak orang memantaskannya di jabatan itu. Mulai sebagai staf biasa selepas menamatkan pendidikan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Perlahan tapi pasti, Hasbi muda terus menapaki karirnya sampai puncak birokrasi di level kabupaten, Sekda Takalar.

Jabatan Lurah dua kali, lalu menjadi Sekcam di beberapa wilayah, Sekretaris Dinas di beberapa OPD lalu menjabat Kadis Pertanian, dua kali.

“Semua ini rekayasa Allah SWT. Tugas kita adalah bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab. Soal jabatan, saya kira itu bonus saja. Jadikan pekerjaan sebagai ibadah, itu pesan orang tua saya.”kata Hasbi.

Tak banyak yang tahu, Hasbi menjalani masa sekolahnya tidak sama dengan anak kebanyakan. Orang tuanya memasukkannya ke sekolah ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah. Semua dilakoninya selepas sekolah umum. Nyaris tak ada waktu bermain seperti temannya yang lain. Hasilnya, Hasbi Remaja mengantongi 6 ijasah sekolah.

“Alhamdulillah, manfaatnya terasa sekarang. Ada sedikit pengetahuan agama menjalani kehidupan. Sehingga semua yang saya jalani, selalu saya sandarkan kepada Allah SWT.”kata Hasbi yang merupakan putra tokoh Muhammadiyah Takalar, H Jamaluddin Tompo.

Darah remajanya ternyata punya jiwa seni. Anak muda di tahun 2000-an pasti familiar dengan Band bernama Onasis. Hasbi adalah drummernya.

Ada hal unik ketika dirinya dinyatakan lulus menjadi praja STPDN. Usai pengumuman, para peserta diwajibkan berkumpul di kantor Gubernur Sulsel. Menariknya, karena saat yang sama, Hasbi harus tampil di sebuah ajang Festival Musik bersama Band Onasis.

“Saat itu menjadi salah satu momen yang akan selalu terkenang. Untungnya semua personil Onasis sangat mengerti situasi itu.”ucapnya sambil tertawa saat menerima kru Kilometer40.com melalui wawancara khusus.

Kini, tanggung jawab besar sedang diembannya. Menjabat sebagai Sekda bukanlah tanggungjawab kecil.
Selamat Bekerja Haji Bantang.

Leave a Reply