Rekomendasi LAN: PDAM Takalar Harus Rampingkan Manajemen dan Personil

TAKALAR, KILOMETER40.COM- Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar mulai menindak lanjuti kerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Takalar.

Sebelumnya, PDAM menggandeng LAN untuk melakukan pengembangan kompetensi dan penguatan kapasitas dan manajemen SDM bagi seluruh karyawan PDAM.

Sebagai langkah teknis, LAN menyerahkan dokumen Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) sebagai pedoman pelaksanaan tahapan selanjutnya.

Pihak LAN yang dipimpin oleh Wakil Direktur 1 LAN Dr. Sulaeman Fattah, M.Si diterima oleh Penjabat Sekda Takalar, H Muhammad Hasbi didampingi staf ahli Bupati Sirajuddin Saraba dan Asisten III Sekda, Basri Sulaiman. Pertemuan dilaksanakan di ruang kerja sekda Takalar, Jumat 17 September 2021 siang.

“Kami haturkan terima kasih setinggi-tingginya kepada LAN atas kesediaannya menjadi mitra pemkab dalam penataan manajemen PDAM Takalar.”kata Hasbi.

Bagi Hasbi, kehadiran LAN menjadi sebuah harapan bagi Pemkab dalam membenahi manajemen PDAM Takalar ke arah yang lebih baik.

“Gambaran umumnya, LAN merekomendasikan adanya perampingan struktur dan personil di tubuh PDAM. Caranya adalah menyaring pimpinan dan karyawan perusahaan melalui uji kompetensi yang kita akan lakukan selanjutnya. Untuk menuju perusahaan yang sehat, mau tidak mau, uji kompetensi ini akan kita lakukan.”urai Hasbi.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PDAM Takalar, Budiarrosal menjelaskan bahwa pihaknya akan menindak lanjuti hasil Anjab dan ABK serta rekomendasi dari LAN.

“Alhamdulillah dokumen ini telah kami terima. Selanjutnya dokumen ini akan kita kaji secara detail lalu melaporkan ke bapak Bupati yang dalam hal ini selaku Kuasa Pemegang Modal atau KPM. Termasuk pelaksanaan rekomendasi dari LAN.”ucap Budiar.(*)

Leave a Reply