Begini Perubahan Tahapan Pilkades Serentak di Takalar

TAKALAR, KILOMETER40.COM- Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dipastikan berubah.

Hal itu terungkap dalam forum Rapat Koordinasi Pelaksanaan Tahapan pemilihan Kepala Desa di ruang rapat sekretariat daerah pemkab Takalar, Senin 23 Agustus 2021.

Rapat koordinasi yang dihadiri para pimpinan Forkopimda menyepakati perubahan tahapan pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2021 di Takalar.

Adapun tahapan terdekat adalah pembentukan panitia tingkat Desa dan panitia sub kecamatan yang akan dimulai pada 24 sampai 30 Agustus 2021.

Dan yang pokok, tanggal pemungutan suara akan digelar pada 17 Nopember 2021. Awalnya, tahapan pencoblosan ini diagendakan pada 9 Nopember 2021.

Dalam forum ini pula, para pimpinan Forkopimda berkomitmen untuk menyukseskan Pilkades Serentak.

Komandan Kodim 1426 dan Kabag Ops Polres Takalar yang hadir pada rapat tersebut menyampaikan bahwa kedua institusi negara tersebut siap mengamankan pilkades serentak di kabupaten Takalar.

Sementara pihak kejaksaan Negeri Takalar juga menyampaikan siap mensupport pemda dengan program jamila nya jika ada gugatan PTUN dari calon menjadi penasehat hukum negara dan mendampingi panitia kabupaten.

“Saya kira komitmen kita semua jelas sesuai kewenangan yang kita emban. Kami dari kejaksaan selaku pengacara negara, siap mengawal proses hukum jika ada gugatan pada pelaksanaan pilkades mendatang.”kata Salahuddin, Kepala Kejaksaan Negeri Takalar.

Penjabat Sekda Takalar, H Muhammad Hasbi berharap dengan pelaksanaan pilkades serentak ini bisa menghasilkan kepala Pemerintahan di tingkat Desa yang berkualitas dan menjalankan pemerintahan sesuai dengan harapan masyarakat yang dipimpinnya.

“Saya kira ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk memilih pemimpin mereka di Desa. Kita berharap prosesnya berkualitas dan juga menghasilkan pemimpin yang berkualitas.”kata Hasbi.

Leave a Reply