Junaidi Mattu, Pelopor Wakaf Al-qur’an Berpulang ke Rahmatullah

Almarhum Junaidi Mattu (pakai Kopiah) ketika bersama Bupati Takalar, Syamsari Kitta

TAKALAR, KILOMETER40.COM- Innalillahi Wainna ilaihi Raji’un. Keluarga besar Kementerian Agama Sulawesi selatan dirundung duka mendalam.

H Junaidi Mattu Kepala Kantor Kementerian agama kabupaten Tana Toraja, berpulang ke rahmatullah, Jumat 18 Juni 2021 kemarin.
Junaidi Mattu sempat menjabat Kepala kantor Kementerian agama kabupaten Takalar lebih dari dua tahun.

Banyak program dan gagasannya saat ia menjadi pimpinan di Kementerian agama Takalar. Yang paling spektakuler adalah program Wakaf Alqur’an.

Program ini menuai banyak pujian  dari masyarakat, baik yang ada di wilayah Takalar maupun diluar wilayah Takalar.

“Wakaf ini murah. Semua orang bisa melakukannya. Tapi pahalanya luar biasa di mata Allah, insya Allah.”ujarnya suatu waktu.
Di Takalar, semua calon pengantin dihimbau untuk melakukan wakaf Alquran. Walhasil, hampir tiap bulan Kemenag Takalar melakukan penyerahan bantuan mushaf Alquran bagi organisasi dan lembaga dan pengurus masjid yang membutuhkan.

Kakanwil Kementerian agama provinsi Sulawesi selatan KH. Khaeroni menyebutnya sebagai pahlawan Kementerian agama.
Menurut pengakuan Khaeroni, almarhum Junaidi Mattu adalah sosok pejabat yang amalnya baik dan layak diteladani. 

“Saya menyaksikan bahwa almarhum amalnya baik. Kita semua menyaksikan itu dan tidak ada keraguan bahwa beliau adalah ahli surga”, ungkap Khaeroni.

“Mudah-mudahan kita semua nantinya menyusul beliau sebagai ahli surga. Selamat jalan dinda. Tunggu saya dan kawan-kawan di surga”, kata Khaeroni saat melepas jenasah almarhum H. Junaidi Mattu.

Junaidi Mattu menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Jum’at 18 Juni 2021 di Rumah Sakiy PCC Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar pada usai 56 tahun. Almarhum meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak. Salah satu putri Junaidi menikah dengan putra  Kakan Kemenag Kab. Gowa, Hj Adliah.
Almarhum  dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Lembang Loe Kecamatan Binamu Kelurahan Balang Kabupaten Jeneponto.(*)

Leave a Reply