Gairahkan Ekonomi Desa, Komunitas TDA Gelar Pesta Wirausaha Desa Jentago

TAKALAR, KILOMETER40.COM– Komunitas Tangan Diatas (TDA) yang beranggotakan para wirausahawan muda dan orang-orang yang berminat pada dunia wirausaha merancang kegiatan menarik di Takalar, Sulsel.

Komunitas yang mempunyai ratusan ribu anggota di berbagai wilayah di Indonesia, merancang Pesta Wirausaha Desa Jentago pada 23-25 April 2021 di Islamic Centre Takalar. Gelaran ini akan melibatkan pegiat UMKM berbasis desa dari 3 kabupaten, Jeneponto, Takalar dan Gowa atau yang populer dengan akronim Jentago.

Wahyuddin Mas’ud, Ketua TDA Jentago menjelaskan bahwa kegiatan ini dirancang sebagai salah satu solusi untuk menggairahkan ekonomi di tingkat desa.

“Pandemi Covid ini tidak bisa dipungkiri cukup menghantam semua sendi, khususnya sektor ekonomi. Melalui Pesta Wirausaha Desa kita berniat menggerakkan ekonomi di desa.”kata Wahyuddin yang melakukan konferensi pers di Warkop Umboh Takalar, Minggu (28/3/2021) sore.

Pesta Wirausaha Desa ini, kata Wahyuddin, akan menyajikan beragam bentuk Kegiatan. Diantaranya Panggung inspirasi, Bazar ramadhan dan Pameran Produk UMKM Desa.

“Akan ada Panggung Inspirasi yang menghadirkan para pelaku usaha dari desa yang telah sukses. Kita akan sharing soal kiat sukses mengelola Bumdes di desa.”katanya lagi.

Ketua Wilayah Komunitas TDA Regional Sulsel Sulbar dan Papua, Muh Fitriadi menambahkan kegiatan ini akan fokus salah satunya pada penguatan mental dan kelembagaan usaha di desa.

“Selain melahirkan pengusaha baru dari desa di tengah pandemi, kita juga akan memberikan penguatan mental dan kelembagaan bagi para pengelola Bumdes di tiga kabupaten.”kata Fitiradi yang juga mantan anggota DPRD Gowa.

Yang pasti, menurut Fitriadi, dibutuhkan kolaborasi semua pihak agar bisa tetap menggerakkan ekonomi di masa pandemi.

“Komunitas TDA berkomitmen untuk terus berbuat bagi negeri di tengah pandemi. Semua pihak harus terlibat agar ekonomi kita kembali bangkit.”katanya.

Untuk diketahui, Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) adalah komunitas wirausaha sebagai wadah bergabungnya para wirausahawan Indonesia. TDA didirikan pada Januari 2006 yang bervisi menjadi pengusaha yang gemar berbagi dalam upaya menumbuhkan kewirausahaan di Indonesia.(hasyim)

Leave a Reply