Kebakaran Pasar Senggol Makassar, 1 Orang Tewas

MAKASSAR, KILOMETER40.COM– Kebakaran hebat melanda Pasar Senggol, Jalan Cendrawasih, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sabtu (22/8/2020) malam. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar menginformasukan kebakaran terjadi sekitar pukul 23.00 WITA.

“Untuk sementara kita belum tahu berapa banyak kios dan rumah yang terbakar karena kita baru proses pendinginan,” kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar Elodewata Sahid, kepada jurnalis di sela pemadaman.

Sebanyak 25 unit armada damkar bersama 90 personel diterjunkan untuk memadamkan api. Kata Elodewata, satu orang lelaki dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa kebakaran ini. “Korban jiwa ada warga sempat pingsan dan meninggal di Rumah Sakit Bhayangkara,” ujar Elodewata.
Petugas damkar berupaya untuk memadamkan api yang menghanguskan sejumlah unit bangunan rumah hingga kios yang ada di dalam pasar. Umumnya, bangunan yang terbakar berjenis semi permanen. Sejam lebih berjibaku, petugas perlahan berhasil memadamkan api.

Elodewata mengaku, belum bisa menyimpulkan dari mana sebenarnya sumber api berasal. Menurutnya, api dengan cepat menjalar karena sebagian besar kondisi rumah dan kios di dalam Pasar Senggol saling berdempetan. Belum lagi, material bangunan didominasi balok kayu.

Sementara itu, Kapolsek Mariso Kompol Ahmad Yulias mengatakan, pihaknya sementara mendata berapa banyak rumah hingga kios yang terbakar dalam peristiwa ini. “Kalau hasil penyelidikan untuk penyebab kebakaran belum bisa disimpulkan,” ucap Ahmad.
Pihaknya hingga saat ini masih mengamankan tempat kejadian kebakaran Pasar Senggol. Untuk kepentingan penyelidikan, pihaknya berkoordinasi dengan laboratoriun forensik Polda Sulsel. “Kami tetap standby di lokasi sampai betul-betul masyarakat pulang ke rumah masing masing,” tegasnya.

Leave a Reply