Begini Fatwa MUI tentang Ibadah Qurban tahun ini

KILOMETER40.COM- Menjelang Hari Raya Idul Adha yang diperkirakan jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 Majelis Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa terkait pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Qurban di masa pandemi.

Inti dari fatwa MUI nomor 36 tahun 2020 tentang Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban saat Wabah COVID-19 tersebut diharapkan agar masyarakat dapat menjalankan ibadah dapat sesuai dengan ketentuan syariat dan terhindar dari potensi penularan virus corona.
Untuk pelakasanaan Qurban MUI menghimbau pantia agar dapat memanfaatkan keleluasaan waktu selama empat hari tasyrik mulai setelah pelaksanaan sholat Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah hingga sebelum maghrib tanggal 13 Dzulhijjah.

Selain itu panitia diharapkan dapat mengatur area penyembelihan agar steril dan tidak terjadi kerumunan.
“Panitia kurban agar menghimbau kepada umat Islam yang tidak terkait langsung dengan proses pelaksanaan ibadah kurban agar tidak berkerumun menyaksikan proses pemotongan,” kata Hasanuddin AF Ketua Komisi Fatwa MUI seperti dikutip dari Antara.

Apabila penyembelihan tidak dilakukan di rumah potong hewan, maka penyembelihan harus dilakukan di area khusus dengan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan, aspek kebersihan, dan sanitasi serta kebersihan lingkungan.

Selama penyembelihan panitia pelaksana harus menjaga jarak fisik, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun selama di area penyembelihan, saat mengantarkan daging kepada penerima dan sebelum pulang ke rumah.

Sementara untuk Pelaksanaan shalat Idul Adha saat wabah Covid-19, tetap menyesuaikan dengan ketentuan Fatwa MUI sebelumnya soal pelaksanaan Shalat Idul Fitri.(*)

Leave a Reply