Jemaah An-Nadzir Lebaran Idul Fitri Hari ini. Begini Cara Perhitungannya

GOWA, KILOMETER40.COM– Jemaah An-Nadzir yang berpusat di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, melaksanakan salat Idul Fitri, pada Sabtu (23/5/2020) hari ini.

Perayaan Idul Fitri ini lebih cepat dari sehari yang diumumkan pemerintah pusat.

Dalam sebuah tulisan penyampaian yang diterima kalangan media di Makassar, Ketua Tim 7 Pimpinan An-Nadzir, Drs M Samiruddin Pademmui, MM., menyampaikan hasil musyawarah Tim 7 dan jemaah An-Nadzir Gowa, semua tim sudah sepakat bahwa 16 Ramadhan 1441 Hijriyah jatuh pada Jumat, 8 Mei 2020.

Kemudian, penentuan fajar sidiq sebagai batasan antara siang dan malam, yakni pukul 05.15 WITA.
Berdasarkan hasil pemantauan Tim 7 beberapa hari terakhir, khususnya pada malam ke 27 Ramadhan, bertepatan dgn Selasa 19 Mei 2020, bulan terbit di malam hari sekitar jam 03.10 WITA.

Berikutnya, pada 28 Ramadhan 1441 H, Rabu 20 Mei 2020, bulan terbit di malam hari, sekitar jam 04.00 WITA. Pada 29 Ramadhan 1441 H, Kamis, 21 Mei 2020, bulan terbit di subuh hari sekitar jam 04.54 WITA.
Selanjutnya, dengan melihat jam terbitnya bulan di timur pada Subuh, Kamis, 21 Mei 2020. Hal ini berarti bulan Ramadhan masih ada di hari Jumat.

Untuk mendapatkan pergantian bulan Ramadhan ke bulan Syawal, maka kita akan konfirmasikan dengan pasang puncak (kondak) air laut di Jumat.

“Pada hari Jumat, kita masih puasa Ramadhan, dan Insya Allah, kita akan berbuka di jalan pada saat terjadinya pasang puncak (kondak) air laut,” ujar Samiruddin.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil laporan Tim 7 di atas, maka diambil sebuah kesimpulan bahwa pergantian bulan Ramadhan ke Syawal akan terjadi di Jumat dengan menunggu terjadinya pasang puncak (kondak) air laut.

“Dengan mengucapkan Bismillahir Rahmanir Rahim, dan dengan mengharapkan Ridha Allah Subhanahu Wata’ala, jemaah An-Nadzir Gowa telah memutuskan dan menetapkan 1 Syawal 1441 H masuk pada hari Jumat-Sabtu. Karena pelaksanaan shalat Idul Fitri di pagi hari, dan demi menjaga kehati-hatian, maka jemaah An-Nadzir Gowa telah memutuskan dan menetapkan pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 H dilaksanakan pada Sabtu, 23 Mei 2020,” jelas Samiruddin.

Komunitas An-Nadzir tinggal di kawasan Mawang, Kabupaten Gowa. Pengikutnya tersebar di sejumlah daerah di dalam dan di luar Sulawesi Selatan.
Ciri khas dari pengikut jemaah An-Nadzir ini, di antaranya berambut gondrong, berpakaian serba hitam dan berambut pirang.(*)

Leave a Reply