Beroperasi Sejak 2016, Polres Takalar Bongkar Sindikat Penipuan CPNS

TAKALAR, KILOMETER40.COM– Kepolisian Resort (Polres) Takalar melalui satuan reserse dan kriminal (Satreskrim) berhasil mengungkap kasus dugaan penipuan Surat Keputusan (SK) calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kedua pelaku yang merupakan ASN dari dinas kesehatan (dinkes) kabupaten Takalar berinisial SS dan WK diketahui telah menjalankan modus ini sejak 2016 silam. Kini, keduanya telah diamankan dan mendekam dibalik jeruji mapolres Takalar.

Tak tanggung-tanggung, keduanya meraup duit milyaran dari aksi penipuannya tersebut. Ratusan warga Takalar dan sekitarnya telah menjadi korban penipuan atas kasus SK CPNS palsu.

“Tim Penyidik Polres Takalar berhasil mengumpulkan 367 berkas CPNS dengan 45 SK PNS palsu menjadi Barang Bukti (BB). Korban penipuan SK CPNS utamanya dari Kabupaten Takalar dan Maros ” Kata Kapolres Takalar AKBP Budi Wahyono Jumat (15/5/2020) pagi tadi.

Kapolres Takalar dihadapan para pewarta menambahkan dari ratusan korban yang di tipu oleh pelaku, hasil penipuan telah dibelanjakan barang mewah.

“Pelaku melakukan penipuan SK CPNS sejak tahun 2016. Total kerugian mencapai 2 Milliar rupiah, sisanya yang diamankan puluhan juta. sebagian dibelanjakan dengan membeli barang-barang mewah dan perhiasan.” Ucap AKBP Budi Wahyono.

Kedua pelaku dijerat Pasal 378 dan 372 junto 556 ancaman 4 tahun penjara. Akan tetapi kata AKBP Budi, tidak menutup kemungkinan ada pelaku lain dari kedua oknum PNS tersebut.

“Pasal yang kita terapkan Junto pasal 445 KUHP, tidak menutup kemungkinan ada yang terlibat dalam kasus penipuan SK CPNS ini,” Ujarnya.(*)

Leave a Reply