Anak Makassar Jabat Kapolda Jawa Timur

Irjen Pol Mohammad Fadil Imran,Kapolda Jawa Timur sejak 1 Mei 2020, hari ini.| int

JAKARTA, KILOMETER40.COM– Polri melakukan mutasi besar-besaran terhadap perwira tinggi dan menengah. Melalui telegram bernomor ST/1378/KEP/2020, Kapolri Jenderal Idham Azis merotasi total 217 pati dan pamen kepolisian.

Sejumlah nama jenderal dimutasi dan mendapat jabatan baru. Misalnya Irjen Boy Rafli Amar yang diangkat menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Lemdiklat Polri.

Ada juga Irjen M. Iqbal, dari Kadiv Humas kini menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat. Jabatan Kadiv Humas kemudian diisi oleh Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono yang sebelumnya mengemban tugas sebagai Karopenmas Mabes Polri.

Dari jajaran Kapolda, ada 9 jabatan Kapolda yang berganti. Yang menyita perhatian publik di Sulsel adalah munculnya nama putra Makassar, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran yang selama ini menjabat Staf Ahli Kapolri, diberi amanah sebagai Kapolda Jawa Timur.

Irjen Fadil menggantikan Irjen Pol Luki Hermawan yang bergeser sebagai Wakalemdiklat Polri.

Fadil lahir di Makassar 14 Agustus 1968. Dia merupakan alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Ini adalah pertama kalinya bagi Fadil mengemban jabatan sebagai kapolda. 

Fadil adalah seorang polisi yang besar di bidang reserse. Mayoritas jabatan yang pernah diembannya berkutat di dunia reserse.

Mohammad Fadil Imran kala bersama Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis

Antara lain adalah Kapolres KP3 Tanjung Priok (2008), Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya (2009), Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri (2011), Dirreskrimum Polda Kepri (2011), Kapolres Metro Jakbar (2013), Anjak Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri (2015), Dirreskrimsus Polda Metro Jaya (2016), Wadirtipideksus Bareskrim Polri (2016), Dirtipid Siber Bareskrim Polri (2017), Direktur Tindak Pidana Tertentu (2018).

Semoga Amanah Jenderal.(*)

Leave a Reply