“Apa Beda Pulang Kampung dan Mudik, Pak Jokowi?” Begini Penjelasannya

Presiden Jokowi ketika diwawancarai host ternama, Najwa Shihab

KILOMETER40.COM- Pulang kampung dan mudik memiliki arti yang berbeda. Demikian dikatakan Presiden Joko Widodo dalam acara Mata Najwa yang disiarkan Trans7 pada Rabu (22/4/2020) malam tadi.

Sontak, Pernyataan Presiden Jokowi menjadi pembahasan yang sangat viral di jagat maya.

Dalam acara tersebut, Najwa Shihab bertanya pada Jokowi soal jutaan masyarakat yang telah lebih dulu mudik sebelum keluarnya larangan dari pemerintah selama pandemik COVID-19.

Ternyata, Mantan wali kota Solo itu punya penjelasan tersendiri. Jokowi berpendapat yang diungkapkan Najwa bukan mudik melainkan pulang kampung.

Pulang kampung versi Jokowi adalah orang-orang yang berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang kembali ke kampung halamannya masing-masing.

“Beda. Kalau mudik itu di hari Lebaran, untuk merayakan Idul Fitri. Kalau yang pulang kampung itu yang bekerja di Jakarta tetapi anak istrinya ada di kampung,” kata Jokowi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi terbaru, kata ‘Mudik’ dalam KBBI berarti ‘pulang ke kampung halaman’ yang lebih dikaitkan pada momentum lebaran.
Sementara itu, untuk kata ‘pulang kampung’ ialah ‘pulang ke kampung halaman’ dan dikaitkan bagi mereka yang sudah tidak lagi bekerja di kota.

Simpel kan gaes..? (*)

Leave a Reply