HUT PSSI ke-90, Soeratin Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Soeratin Sosrosoegondo, Pendiri PSSI diusulkan menjadi Pahlawan Nasional

KILOMETER40.COM- Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, mengusulkan Soeratin Sosrosoegondo yang merupakan pendiri sekaligus ketua umum pertama PSSI diangkat menjadi pahlawan nasional. Menurutnya, Soeratin pantas mendapat gelar itu karena kontribusinya terhadap sepakbola Indonesia.
Usulan itu diungkapkan Iriawan tepat pada hari ulang tahun ke-90 PSSI, Minggu (19/4/2020). PSSI berdiri pada 19 April 1930 di Yogyakarta.

“Segala hormat dan doa kita sampaikan kepada Allah SWT untuk para pahlawan sepakbola yang telah berpulang mendahului kita, terutama almarhum Soeratin Sosrosoegondo. Kami akan terus berjuang agar almarhum Bapak Soeratin bisa memperoleh anugerah sebagai pahlawan nasional atas seluruh jasanya membuat sepakbola sebagai alat pemersatu bangsa di era pergerakan menuju kemerdekaan,” ujar Iriawan dalam keterangan resmi PSSI.

PSSI merayakan ulang tahun ke-90 di tengah kondisi sulit karena wabah virus corona. Kompetisi sepakbola dan kegiatan seluruh Timnas Indonesia tidak bisa berjalan karena pandemi Covid-19. Meski demikian, mantan Kapolda NTB, Jawa Barat, dan Polda Metro Jaya ini optimistis kondisi sulit ini akan segera berlalu. “Kompetisi liga kami hentikan sejak pertengahan Maret. Pemusatan latihan tim nasional pun kami tunda dulu demi upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.
Menurutnya, setelah pandemi corona berlalu, masih banyak tantangan besar di depan, yaitu penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021. Sehubungan dengan itu, ia mengajak para pencinta sepakbola Indonesia untuk bersama memenuhi amanat ini.

“Kita mendapat amanah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021. Sebuah kesempatan sekaligus kehormatan, momen yang belum pernah terjadi, dan belum tentu terulang lagi. Indonesia akan menjadi penyelenggara ajang olahraga level dunia, menjadi sorotan dunia internasional. Mari kita sukseskan Piala Dunia U-20 2021. Baik sukses secara penyelenggaraan maupun prestasi tim nasional kita,” katanya.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan |ist

Pada bagian lain, Iriawan menekankan, pentingnya pembinaan sepakbola usia muda yang menjadi visi utama kepengurusan PSSI masa bakti 2019-2023. “Kita masih punya target lolos Olimpiade 2024. Kita pun punya mimpi besar menjadi peserta Piala Dunia 2030. Sementara untuk tim senior saat ini, kita berharap timnas bisa menembus peringkat 150 besar FIFA, dan selanjutnya terus meraih ranking lebih baik,” urainya.(*)

Leave a Reply