Tangani Pasien Tidak Jujur, 46 Dokter Terjangkit Covid-19

Dokter spesialis bedah syaraf Prof Zaenal Mutaqim (baju hitam di belakang) (Foto: Istimewa)

Prof Zaenal Mutaqim (baju hitam di belakang) (Foto: Istimewa)

SEMARANG, KILOMETER40.COM– Resiko bagi tenaga medis di tengah pandemi covid kembali terjadi. Kali ini menimpa 46 dokter RS dr Kariadi Semarang. Mereka dinyatakan mengalami positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab.
Hingga saat ini mereka melakukan isolasi mandiri di Hotel Kesambi Hijau, Candi Baru, Semarang.

“Mohon doa nya, kami berjumlah 46 dokter dari RS dr Kariadi Semarang dinyatakan swab positif Covid-19 (OTG), terbanyak dari ppds, ada 4 spesialis termasuk saya,” kata┬áProf dr. Zainal Muttaqin, SpB melalui pesannya yang dibagikan di media sosial Facebook, Kamis (16/4/2020).

Dia mengungkapkan resiko sebagai tenaga medis menghadapi pasien saat dilakukan tes massal tidak jujur memberitahukan kondisi kesehatannya, bahwa yang bersangkutan ternyata positif COVID-19.

Pasien itu sangat beresiko menularkan virusnya kepada tenaga medis.
Ini bisa berakibat fatal terhadap paramedis, hingga membuat mereka tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Karena membuat mereka turut tertular dan jatuh sakit.

“Inilah resiko terburuknya bila ada pasien yang tidak jujur saat di lakukan test massal & di tanya riwayat perjalanannya. Tentu nya akan ada banyak lagi rekan rekan sejawat kami dr paramedis yang akan bertumbangan bila ini terus dibiarkan dengan alasan takut menjadi AIB atau takut dgn STIGMA CORONA,” katanya lagi.

Zainal Muttaqin tak lupa memohon doanya semua biar mereka bisa sehat dan dinyatakan kembali negatif COVID-19.

“Mohon doanya semua biar kami bisa kembali sehat dan dpt membantu bangsa ini melawan virus corona,” ujarnya.(*)

Leave a Reply