Anarko; Kelompok yang Berencana Bikin Kacau Indonesia, Ternyata Dipimpin Pencuri Helm

Pius, Lelaki yang diamankan Polda Metro Jaya

Pius, Lelaki yang diamankan Polda Metro Jaya

JAKARTA, KILOMETER40.COM- Polda Metro Jaya meringkus seorang mantan ketua kelompok Anarko berinisial Pius (25) pada (12/4/2020) kemarin.
Ia ditangkap bukan karena ingin melakukan aksi anarkisnya tetapi karena kepergok mencuri Helm di Pos Polisi Lantas Semanggi, Jakarta Selatan.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus membenarkan penangkapan Pius. Di dada Pius terdapat sebuah tato yang mirip dengan kelompok Anarko.

“Pada saat pemeriksaan kepada yang bersangkutan, di dadanya ada tato yang mirip dengan yang beredar saat ini ada kelompok Anarcho. Mungkin juga sudah beredar di media sosial, dia sempat mengeluarkan statemen kalau dia pimpinan Anarcho di tahun 2015 dengan menyebutkan beberapa struktur yang ada,” ucap dia Kamis (16/4/2020).
Namun demikian, pihaknya bukan menangani perkara soal Pius sebagai kelompok Anarko tetapi sebagai pelaku pencurian. Ketika ditangkap juga Pius dalam keadaan mabuk berat dan pihaknya masih mengecek urine Pius.

“Kami juga masih mengecek urine dan juga darahnya,” tutup dia.
Pelaku pun masih terus didalami apakah sudah sering melakukan pencurian Helm di wilayah Jakarta atau tidak. Mengingat, pelaku nekat mencuri di depan kantor Polisi Lantas Semanggi, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengungkapkan rencana kelompok anarko membuat aksi vandalisme besar-besaran pada medio April ini.

Dia menyebut kelompok anarko ingin membuat masyarakat resah sehingga terjadi keonaran.

“Dari hasil membuka handphone, mereka juga akan merencanakan aksi 18 April 2020 akan melakukan aksi vandalisme secara bersama-sama di beberapa kota besar di pulau besar yang tujuannya ada situasi keresahan dimanfaatkan mereka untuk mengajak masyarakat untuk melakukan keonaran dan ajakannya membakar, kemudian menjarah,” ujar Irjen Nana saat rilis yang disiarkan live melalui Instagram Humas Polda Metro Jaya, Sabtu (11/4/2020).(*)

Leave a Reply